Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Home
Mimbar Opini
Tentang Kami
Opini Centil
Seluruh anak negeri ini prihatin dengan maraknya kekerasan yang bernuasa SARA akhir-akhir ini. Apa mungkin karena sudah melupakan amalan nilai-nilai Pancasila, dan tidak adanya pendidikan budi pekerti sejak dini.
Redaksi
Untuk meningkatkan mutu berita opini di situs ini, redaksi menerima kritik dan saran yang membangun. Kami menerima tulisan artikel, opini, dan Surat Pembaca, kirim ke email : redaksi@mimbar-opini.com
Mimbar Rakyat
Rakyat membutuhkan keteladanan para pemimpin. Pemimpin kalau bicara menyejukkan dan berwibawa, tidak sembarang membuat pernyataan. Pemimpin bukan provokator, tetapi seorang orator penyemangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Mimbar Sehat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika memulai hari dengan sarapan telur. Sebagian besar review penelitian dampak memakan telur menyebutkan bahwa telur mengandung bahan kuat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori. Tak hanya sarapan, berat badan Anda bisa turun jika mengonsumsi telur pada saat makan siang dan makan malam.Telur rebus, telur goreng, atau orak-arik yang dimakan pada saat sarapan membuat seseorang kenyang lebih lama dibanding sarapan dengan makanan lainnya.
Mimbar Sajak
Harapan dan Doa

Pagi semburat merah cerah
Pertanda sang fajar membuncah
Asa nan indah selalu merekah
Doa dan upaya perlu dilangkah

Tiada suka cita tanpa usaha
Malapeta tiba karena dusta
Mari sosong hari ini dengan doa
Harapan dan usaha untuk masa depan jua

Tatap asa dengan optimisme
Langkah pasti dengan ritme
Bijak dan sabar meniti mekanisme
Hindari licik dan rente

Putra Lembah Wilis
Madiun, 11 Nopember 2012
Counter Pengunjung
Anda pengunjung ke-126345
Reformasi Birokrasi dan Efisiensi Pemerintahan
Oleh redaksi
Sabtu, 13-Desember-2014, 06:59:36 145 klik Send this story to a friend Printable Version
Tugas utama pemerintah terhadap rakyatnya yaitu memberikan pelayanan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Demikan pentingnya pelayanan publik oleh pemerintah ini sehingga sering dijadikan tolok ukur keberhasilan suatu rezim pemerintah, terlebih sekarang ketika paradigma Good Governance (kepemerintahan yang baik) dikedepankan dimana akuntabilitas, efektivitas dan efesiensi dijadikan tolok ukur dalam pelayanan sektor publik.
Persoalan birokrasi di Indonesia sangatlah kompleks, terbentang dari masalah mengubah kultur birokrasi yang tidak berintegritas, tumpang tindih peraturan perundang-undangan, struktur organisasi yang gemuk dan boros, proses bisnis pemerintahan yang lamban dan tidak efisien, sumber daya manusia yang tak kompeten dan tak profesional, penyakit korupsi, kolusi, dan nepotisme, hingga persoalan pelayanan kepada publik yang tak responsif dan tak akuntabel. Semua ini dapat dibuktikan melalui beberapa indikator global.

Good Governance adalah tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa. Terkait dengan itu, pemerintah yang bersih (clean government) dan bebas KKN. Reformasi Birokrasi merupakan perubahan signifikan elemen-elemen birokrasi, antara lain kelembagaan, sumber daya manusia aparatur, ketatalaksanaan, akuntabilitas aparatur, pengawasan, dan pelayanan publik.

Beberapa contoh reformasi, birokrasi, misalnya reformasi kelembagaan dan kepegawaian, keuangan, perbendaharaan, perencanaan dan penganggaran, keimigrasian, kepabeanan, perpajakan, pertanahan, dan penanaman modal. Hal yang penting dalam reformasi birokrasi adalah perubahan mind-set dan culture-set serta pengembangan budaya kerja.

Reformasi Birokrasi diarahkan pada upaya-upaya mencegah dan mempercepat pemberantasan korupsi, secara berkelanjutan, dalam menciptakan tata pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa (good governance), pemerintah yang bersih (clean government), dan bebas KKN.

Reformasi birokrasi menjadi bagian penting ketika dikaitkan dengan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Makna ini lebih jelas ketika mengkaitkannya dengan misi aparat birokrasi yang bertujuan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga bisa memberikan kesejahteraan dan rasa keadilan pada masyarakat banyak.

Di sisi lain birokrasi sangat sarat dengan banyak tugas dan fungsi, karena tidak saja hanya terfokus kepada pelayanan publik, tetapi juga bertugas dan berfungsi sebagai motor pembangunan dan aktivitas pemberdayaan (public service, development and empowering).

Sehubungan dengan sumbatan birokrasi dan efisiensi pemerintahan, diperlukan upaya bersama membangun birokrasi yang akuntabel dan bisa diawasi rakyat. Kami mendukung upaya pemerintah Presiden Joko Widodo dalam reformasi birokrasi dan efisiensi guna mensejahterakan rakyat.

Dini Kinanthi Putri (dinikina@gmail.com)
Jl. Raya Lenteng Agung, Gang 100, Jakarta Selatan.
Komentar Anda >>
Komentar
Belum ada komentar...
Opini Sebelumnya
Pasar Respon Positif Kenaikan Harga BBM
Selasa, 09-Desember-2014
Langkah pemerintah mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) mendapat tanggapan dari elemen masyarakat yang pro dan kontra. Pihak yang pro, menilai langkah pemerintah sudah tepat. Sedangkan pihak yang kontra, menilai kebijakan pemeirntah menaikan harga BBM mengada-ada dan menyengsarakan rakyat. Namun demikian kebijakan pemerintah tersebut direspon positif oleh pasar.

Semua Pihak Harus Tetap Menjaga Perdamaian di Aceh
Minggu, 12-Oktober-2014
Situasi di Aceh saat ini sudah aman dan damai. Dan dalam suasana damai yang sedang dinikmati rakyat Aceh, semestinya tidak ada lagi aksi-aksi yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Apalagi aksi-aksi itu disertai dengan pernyataan akan menggunakan senjata api agar keinginannya dipenuhi oleh Pemerintah Aceh. Lebih baik, masalah ini diselesaikan dengan cara-cara yang lebih terhormat daripada membuat resah masyarakat.

Pancasila Masih Tetap Relevan
Minggu, 05-Oktober-2014
Pada era Reformasi, pelaksanaan demokasi Pancasila telah banyak memberi ruang gerak kepada parpol dan komponen bangsa lainnya termasuk MPR/DPR mengawasi dan mengontrol pemerintah. Namun, di era reformasi ini juga, Pancasila seakan tidak memiliki kekuatan mempengaruhi dan menuntun masyarakat. Elit politik dan masyarakat terkesan masa bodoh dalam melakukan implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Idul Adha, Momentum Untuk Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial
Minggu, 05-Oktober-2014
Melaksanakan kurban adalah sunah muaqqadah, artinya sunah yang mendekati wajib. Ibadah kurban merupakan upaya menghidupkan sunah para nabi Allah SWT dengan menyembelih sesuatu dari pemberian-Nya kepada manusia sebagai ungkapan rasa syukur. Momentum ini juga merupakan kesempatan yang tepat untuk menunjukkan jati dirinya sebagai orang beriman yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kembalinya Dasar Negara
Sabtu, 27-September-2014
MK mengabulkan pengujian Pasal 34 ayat (3) huruf b UU No. 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik (UU Parpol) yang menempatkan Pancasila sebagai salah satu pilar kebangsaan. Dalam putusannya, MK menghapus frasa “empat pilar kebangsaan dan bernegara” dalam pasal itu, sehingga Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945 bukan lagi dianggap sebagai pilar kebangsaan.

Katalog Website Indonesia


Katalog ini mengandung 45 website Indonesia

Belanja
 ...

Berita & Media
 ...

Bisnis & Keuangan
 ...

Entertainment
 ...

Healthy & Beauty
 ...

Industri
 ...

Komputer & Internet
 ...

Organisasi
 ...

Pemerintah & Politik
 ...

Pendidikan
 ...

Sains & Teknologi
 ...

Sosial Budaya
 ...

Opini Budaya Terbaru
.Waspadai Kekerasan & Isu SARA Dalam Pilpres 2014
Opini Ekonomi Terbaru
.Pasar Respon Positif Kenaikan Harga BBM
Opini HAM/Demokratisasi Terbaru
.AS Kembali Ikut Campur soal Kasus Munir
Opini Hankam Terbaru
.Semua Pihak Harus Tetap Menjaga Perdamaian di Aceh
Opini Hukum Terbaru
.Kembalinya Dasar Negara
Opini IPTEK Terbaru
.BMKG: Waspadai Angin Kencang di Perbatasan Maluku
Opini Kesehatan Terbaru
.Manfaat Biji Nangka
Opini Logika Politik Vs Logika Hukum Kasus SKK Migas Terbaru
Opini Pemerintahan Terbaru
.Reformasi Birokrasi dan Efisiensi Pemerintahan
Opini Politik Terbaru
.Pancasila Masih Tetap Relevan
Polling
Setujukah anda jika pemerintah menerapkan standarisasi mutu pendidikan nasional?
Sangat Setuju
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
Tidak Komentar
Tidak Tahu

Hasil Polling
Polling Lain

Suara: 237
Diskusi
Posting Terbaru
. Itupoker.com Agen Poker ONline
. Mengembangkan Kajian al-Qur'an
. CV.WORLD OF FIRESTORM
. Fungsi hukum yang telah dibuat pemerintah dan...
. Penyebab Bencana saat ini
Respon Terbaru
. Bisnis Online Jadi Jutawan, Cocok Buat Awam, ...
. kritik membangun.
. BELAJAR ONLINE HARUSNYA LEBIH MURAH
. LOWONGAN KERJA : Dicari Perwakilan Unit Agen.
. Uang didapat tergantung kita mencarinya.
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. pembahasan soal un matematika ...
. Pembahasan soa l un matematika...
. Anda sering Ejakulasi dini, d...
. NIGHT VISION MONOCULAR(teropon...
. alat memperbesar penis(proexte...
. Gratis Program Perbesar Penis,...
. Pembahasan soal un matematika...
. Bermasalah dengan hubungan int...
. Anda sering Ejakulasi dini, d...
. Menjadi Ayah Super buat Keluar...
Mimbar Aturan
Isi tulisan opini baik berupa artikel, maupun Surat Pembaca, tanggapan, iklan, diskusi, merupakan tanggung jawab masing-masing penulis atau pengirim. Namun demikian, redaksi menghimbau agar tulisan tidak menyinggung masalah SARA. Redaksi berhak menghapus tulisan yang kurang pas, atau ada permintaan dari pihak yang dirugikan. Trims.
Mimbar Pesan
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain, serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.