Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Home
Mimbar Opini
Tentang Kami
Opini Centil
Seluruh anak negeri ini prihatin dengan maraknya kekerasan yang bernuasa SARA akhir-akhir ini. Apa mungkin karena sudah melupakan amalan nilai-nilai Pancasila, dan tidak adanya pendidikan budi pekerti sejak dini.
Redaksi
Untuk meningkatkan mutu berita opini di situs ini, redaksi menerima kritik dan saran yang membangun. Kami menerima tulisan artikel, opini, dan Surat Pembaca, kirim ke email : redaksi@mimbar-opini.com
Mimbar Rakyat
Rakyat membutuhkan keteladanan para pemimpin. Pemimpin kalau bicara menyejukkan dan berwibawa, tidak sembarang membuat pernyataan. Pemimpin bukan provokator, tetapi seorang orator penyemangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Mimbar Sehat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika memulai hari dengan sarapan telur. Sebagian besar review penelitian dampak memakan telur menyebutkan bahwa telur mengandung bahan kuat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori. Tak hanya sarapan, berat badan Anda bisa turun jika mengonsumsi telur pada saat makan siang dan makan malam.Telur rebus, telur goreng, atau orak-arik yang dimakan pada saat sarapan membuat seseorang kenyang lebih lama dibanding sarapan dengan makanan lainnya.
Mimbar Sajak
Harapan dan Doa

Pagi semburat merah cerah
Pertanda sang fajar membuncah
Asa nan indah selalu merekah
Doa dan upaya perlu dilangkah

Tiada suka cita tanpa usaha
Malapeta tiba karena dusta
Mari sosong hari ini dengan doa
Harapan dan usaha untuk masa depan jua

Tatap asa dengan optimisme
Langkah pasti dengan ritme
Bijak dan sabar meniti mekanisme
Hindari licik dan rente

Putra Lembah Wilis
Madiun, 11 Nopember 2012
Counter Pengunjung
Anda pengunjung ke-127859
Hikmah Puasa Ramadhan dan Kebersamaan
Oleh redaksi
Kamis, 18-Juni-2015, 14:17:01 165 klik Send this story to a friend Printable Version
Bulan suci Ramadhan datang kembali memberi kesempatan bagi kita. Umat Islam menyambut sukacita kedatangan bulan penuh berkah ini. Puasa tahun ini merupakan puasa yang indah, karena adanya suatu kebersamaan. Seluruh umat muslim di Indonesia secara bersamaan mulai menunaikan ibadah puasa. Sebelumnya selama tiga tahun, umat muslim di Tanah Air berbeda dalam mengawali puasa ramadhan.
Pemerintah bersama dua organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, serta organisasi lain sepakat menapaki bulan suci 1436 H. Yang membesarkan hati, keseragaman itu tidak dipaksakan. Kebersamaam itu datang dari argumentasi yang kuat, yaitu berdasarkan hisab ataupun rukyat.

Keseragaman ataupun keberagaman yang hadir dengn pijakan argumentasi kuat haruslah kita hargai. Sebaliknya, keseragaman dan perbedaan yang dipaksakan haruslah kita tolak. Karena kebersamaan mengawali Ramadan bukanlah keseragaman yang dipaksakan, tepatlah bila Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hal itu merupakan berkah. Kebersamaan itu pula yang mestinya jadi cermin kita untuk berbangsa. Ketika golongan yang mayoritas itu makin bersatu, semestinya sudah bisa saling menguatkan dengan sendirinya, bukan lantas malah menjadi intoleran dengan umat yang berbeda. Namun, sayang, kebersamaan kerap diwujudkan dalam wajah yang menyeramkan beberapa kelompok yang mengatasnamakan agama.

Di Jakarta, kita mengapresiasi komitmen Gubernur DKI rnJakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Kepala Kepolisian Daerah DKI Jakarta Inspektur Jenderal Tito Karnavian untuk bertindak tegas terhadap para pelaku penyisiran. Kita merindukan Ramadan tanpa kekerasan dan ketakutan. Kita menginginkan Ramadan yang toleran dan penuh persaudaraan. Persaudaraan yang hakiki pula yang akan berdampak pada segala sektor kehidupan masyarakat, bukan saja dalam menjalankan ibadah ritual, melainkan juga dalam kehidupan sosial dan ekonomi. Di sinilah umat melihat realitas hidup yang tidak sepenuhnya menggembirakan. Di kanan kiri ada kesenjangan. Ada yang mendapat rezeki berlimpah, ada pula yang hidup berkekurangan.

Semoga bulan puasa tahun ini membawa hikmah dan berkah, kita jaga kebesamaan yang indah ini dengan kebaikan dan saling hargai sesama.

Pribadi Santoso Utomo (pribadisantosoutomo@gmail.com)
Pagelaran, Ciomas, Bogor, 16610

Komentar Anda >>
Komentar
Belum ada komentar...
Opini Sebelumnya
Semangat KAA Untuk Perjuangan Bangsa-Bangsa di Dunia
Minggu, 19-April-2015
Momentum peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA)ke 60 dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan upaya perdamaian dunia. Konflik di berbagai kawasan harus menjadi perhatian dan pembahasan dalam KAA, sehingga kepedulian untuk menjaga perdamaian dunia menjadi tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa-bangsa di dunia. Perdamaian dunia harus diperjuangkan.

Bangsa Indonesia Tolak Paham Radikalisme ISIS
Sabtu, 18-April-2015
Paham radikalisme yang dikembangkan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah memakan banyak korban jiwa dan harta. Bahkan pengaruhnya mampu menarik simpati generasi muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bangsa Indonesia harus menolak paham ISIS.

Jangan Tunda Eksekusi Mati Terpidana Kasus Narkoba
Rabu, 25-Maret-2015
Publik Netizen Indonesia berharap penundaan pelaksanaan hukuman eksekusi mati bagi para terpidana kasus narkoba tidak sampai menimbulkan kesan Indonesia lemah! Atau, penundaan akibat adanya intervensi asing, terutama dari Australia yang menuntut agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) batalkan eksekusi mati kedua warga negaranya, yakni Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.Pertanyaannya,apa dampak penundaan eksekusi terpidana kasus narkoba bagi keamanan nasional dan integritas hukum Indonesia saat ini?

10 Alasan Lemak Perut Tak Kunjung Hilang
Rabu, 25-Maret-2015
Memiliki sedikit lemak perut sebenarnya baik untuk Anda. Lemak bisa melindungi perut, usus, dan organ halus lainnya. Namun terlalu banyak lemak tidak menyehatkan bagi tubuh.

Keselamatan Penumpang Pesawat Jangan Diabaikan
Selasa, 06-Januari-2015
Saya sangat prihatin dengan musibah kecelakaan pesawat Air Asia beberapa waktu lalu. Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Untuk itu, perusahaan pengelola jasa penerbangan penumpang tidak boleh hanya mengejar keutungan dan mengabaikan keselamatan konsumennya.

Katalog Website Indonesia


Katalog ini mengandung 45 website Indonesia

Belanja
 ...

Berita & Media
 ...

Bisnis & Keuangan
 ...

Entertainment
 ...

Healthy & Beauty
 ...

Industri
 ...

Komputer & Internet
 ...

Organisasi
 ...

Pemerintah & Politik
 ...

Pendidikan
 ...

Sains & Teknologi
 ...

Sosial Budaya
 ...

Opini Budaya Terbaru
.Waspadai Kekerasan & Isu SARA Dalam Pilpres 2014
Opini Ekonomi Terbaru
.Keselamatan Penumpang Pesawat Jangan Diabaikan
Opini HAM/Demokratisasi Terbaru
.Semangat KAA Untuk Perjuangan Bangsa-Bangsa di Dunia
Opini Hankam Terbaru
.Bangsa Indonesia Tolak Paham Radikalisme ISIS
Opini Hukum Terbaru
.Kembalinya Dasar Negara
Opini IPTEK Terbaru
.BMKG: Waspadai Angin Kencang di Perbatasan Maluku
Opini Kesehatan Terbaru
.10 Alasan Lemak Perut Tak Kunjung Hilang
Opini Logika Politik Vs Logika Hukum Kasus SKK Migas Terbaru
Opini Pemerintahan Terbaru
.Reformasi Birokrasi dan Efisiensi Pemerintahan
Opini Politik Terbaru
.Pancasila Masih Tetap Relevan
Polling
Setujukah anda jika pemerintah menerapkan standarisasi mutu pendidikan nasional?
Sangat Setuju
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
Tidak Komentar
Tidak Tahu

Hasil Polling
Polling Lain

Suara: 237
Diskusi
Posting Terbaru
. Itupoker.com Agen Poker ONline
. Mengembangkan Kajian al-Qur'an
. CV.WORLD OF FIRESTORM
. Fungsi hukum yang telah dibuat pemerintah dan...
. Penyebab Bencana saat ini
Respon Terbaru
. Bisnis Online Jadi Jutawan, Cocok Buat Awam, ...
. kritik membangun.
. BELAJAR ONLINE HARUSNYA LEBIH MURAH
. LOWONGAN KERJA : Dicari Perwakilan Unit Agen.
. Uang didapat tergantung kita mencarinya.
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. Solusi lengkap untuk PASUTRI 1...
. PASANG CEPAT TELEPON DAN INTE...
. PASANG TELEPON ;_
. PASANG PABX ^^
. BISNIS TANPA STOK - bisnis onl...
. Solusi lengkap untuk PASUTRI 1...
. Ereksi tetap PERKASA Meski Sud...
. Solusi Herbal Atasi Masalah Wa...
. Solusi lengkap untuk PASUTRI 1...
. Rahasia Para Milioner - Milion...
Mimbar Aturan
Isi tulisan opini baik berupa artikel, maupun Surat Pembaca, tanggapan, iklan, diskusi, merupakan tanggung jawab masing-masing penulis atau pengirim. Namun demikian, redaksi menghimbau agar tulisan tidak menyinggung masalah SARA. Redaksi berhak menghapus tulisan yang kurang pas, atau ada permintaan dari pihak yang dirugikan. Trims.
Mimbar Pesan
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain, serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.