Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Home
Mimbar Opini
Tentang Kami
Opini Centil
Seluruh anak negeri ini prihatin dengan maraknya kekerasan yang bernuasa SARA akhir-akhir ini. Apa mungkin karena sudah melupakan amalan nilai-nilai Pancasila, dan tidak adanya pendidikan budi pekerti sejak dini.
Redaksi
Untuk meningkatkan mutu berita opini di situs ini, redaksi menerima kritik dan saran yang membangun. Kami menerima tulisan artikel, opini, dan Surat Pembaca, kirim ke email : redaksi@mimbar-opini.com
Mimbar Rakyat
Rakyat membutuhkan keteladanan para pemimpin. Pemimpin kalau bicara menyejukkan dan berwibawa, tidak sembarang membuat pernyataan. Pemimpin bukan provokator, tetapi seorang orator penyemangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Mimbar Sehat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika memulai hari dengan sarapan telur. Sebagian besar review penelitian dampak memakan telur menyebutkan bahwa telur mengandung bahan kuat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori. Tak hanya sarapan, berat badan Anda bisa turun jika mengonsumsi telur pada saat makan siang dan makan malam.Telur rebus, telur goreng, atau orak-arik yang dimakan pada saat sarapan membuat seseorang kenyang lebih lama dibanding sarapan dengan makanan lainnya.
Mimbar Sajak
Harapan dan Doa

Pagi semburat merah cerah
Pertanda sang fajar membuncah
Asa nan indah selalu merekah
Doa dan upaya perlu dilangkah

Tiada suka cita tanpa usaha
Malapeta tiba karena dusta
Mari sosong hari ini dengan doa
Harapan dan usaha untuk masa depan jua

Tatap asa dengan optimisme
Langkah pasti dengan ritme
Bijak dan sabar meniti mekanisme
Hindari licik dan rente

Putra Lembah Wilis
Madiun, 11 Nopember 2012
Counter Pengunjung
Anda pengunjung ke-123757
Kecerdasan Pemilih Menentukan Kualitas Pemilu 2014
Oleh redaksi
Rabu, 09-April-2014, 00:11:57 246 klik Send this story to a friend Printable Version
Tepat 9 April 2014, pemilihan legislatif akan dilaksanakan. Pemilu adalah saranan pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945 (Pasal 1 UU No.8 Tentang Pemilu).
Satu kalimat yang selalu diharapkan dalam pemilihan umum adalah “pemilih cerdas” yang sangat tergantung dari kualitas pemilih. Bila kita memiliki kepentingan yang tinggi terhadap kualitas hasil pemilu dengan melahirkan anggota dewan yang berkualitas, sehingga mampu membuat perubahan ke arah yang lebih baik, maka kecerdasan dan kejelian dalam menilai integritas, kapasitas dan kompetensi para caleg juga menjadi sangat penting.

Paling tidak beberapa hal yang harus dipahami berkaitan dengan pemilu yaitu, tingkat partisipasi dan kualitas pilihan kita dalam pemilu sangat besar artinya bagi perbaikan di masa mendatang. Dalam konteks ini, golput (tidak memberikan suara) tentunya bukanlah menjadi pilihan terbaik ketika kita mengharapkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat di negeri ini. Golput mengindikasikan bahwa kita terkesan pasrah pada keadaan sekarang dan tidak ingin merubah keadaan yang kurang ideal menjadi lebih baik. Padahal melalui pemilu yang berkualitas, kitalah yang menentukan nasib bangsa ini, paling tidak selama lima tahun ke depan.

Jadilah pemilih cerdas dengan mencari tahu informasi mengenai sosok/figur para caleg, beserta integritas, kompetensi, kapasitas dan kapabilitas mereka sebelum menentukan pilihan. Sebaik-baik keputusan adalah keputusan yang didasarkan pada informasi yang tepat dan akurat tentang semua hal berkaitan dengan keputusan tersebut.

Janganlah kita menjadi pemilih pasif dalam pengertian pemilih ikut-ikutan atau pemilih kaget-kagetan tanpa mempedulikan kemampuan dan kapasitas caleg. Sehingga kita sebagai pemilih harus meningkatkan sensitivitas kita terhadap informasi-informasi yang kita terima tentang keunggulan seseorang caleg. Jadi, jadilah pemilih cerdas!

Keberhasilan pesta demokrasi dalam memilih orang-orang berkualitas dan memiliki integritas terhadap kepentingan rakyat, kiranya ditentukan oleh tingkat kecerdasan pemilih. Karena itu, kualitas hasil pemilu yang memunculkan anggota legislatif sebagai outputnya, tidak hanya ditentukan oleh partisipasi aktif kita sebagai pemilih dalam memberikan hak suara kita dengan mendatangi TPS, tetapi juga tergantung dari sejauhmana kejelian kita menentukan pilihan dan memberikan suara kepada caleg yang benar-benar tepat untuk dijadikan wakil rakyat.

Terwujudnya warga negara sebagai pemilih cerdas bukan sebatas lipstik demokrasi, tetapi merupakan kebutuhan mendasar akan realitas sosial politik. Merupakan harapan bersama untuk selalu mengawal proses perjalanan pemilihan umum kearah yang lebih baik dan bukan sebatas wacana dalam memperluas keikutsertaan masyarakat dalam pemilihan umum, membangun kultur yang lebih baik dan menyempurnakan struktur (mandat rakyat) serta menguatkan aktor (pemilih), yang pada gilirannya peningkatan kesejahteraan melalui demokrasi dapat terpenuhi.

Reza Sanubari
Jl Bukit Duri Selatan No 21 Tebet
Jakarta Selatan
Komentar Anda >>
Komentar
Belum ada komentar...
Opini Sebelumnya
Tuduhan Keliru Harian Utusan Malaysia
Rabu, 26-Maret-2014
Kami sebagai warga Indonesia sangat prihatin atas hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370. Namun kami juga sangat menyayangkan adanya pemberitaan media Malaysia yang menuduh Indonesia menyembunyikan informasi keberadaan pesawat yang hilang tersebut. Pemberitaan harian Utusan Malaysia jelas tidak memiliki dukungan data sama sekali dan hanya merupakan halusinasi untuk menciptakan kebingungan publik.

Satu Suara Adalah Satu Harapan
Rabu, 26-Maret-2014
Pemilu legislatif tinggal beberapa hari lagi. KPU sudah menyiapkan segalanya. Sedangkan partai peserta pemilu sedang sibuk mencari simpati dukungan masyarakat melalui kampanye. Suara rakyat akan menetukan arah pembangunan Indonesia 5 tahun kedepan. Oleh karena itu, satu suara akan sangat berarti bila disalurkan dengan benar dalam pemilu nanti. Partisipasi dalam pemilu merupakan harapan baru perbaikan demokrasi di Indonesia di masa mendatang.

Kampanye: Jangan Hanya Unjuk Massa, Tunjukkan Juga Kualitas
Selasa, 25-Maret-2014
Sejak hari pertama masa kampanye masih diwarnai oleh unjuk kekuatan partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (pemilu). Parpol mengerahkan puluhan ribu pendukung untuk menunjukkan bahwa mereka adalah partai yang memiliki massa terbanyak. Pengerahan massa seperti itu memang kerap terjadi setiap kampanye peserta pemilu, tetapi akan lebih baik lagi jika partai memberikan pendidikan politik yang bagus melalui penyampaian visi dan misi jika menjadi pemenang pemilu. Parpol harus bisa menunjukkan kampanye yang yang lebih berkualitas.

Kampanye Damai Adu Program Realistis
Minggu, 23-Maret-2014
Pesta demokrasi yang dihelat lima tahun sekali tinggal beberapa hari lagi. Kampanye terbuka sudah dimulai. Atribut, bendera dan baliho parpol maupun caleg bertebaran dimana-mana, menghiasi sepanjang jalan strategis. Bahkan pimpinan parpol mendatangi daerah-daerah menjadi juru kampanye nasional. Aksi para pimpinan parpol dalam kampanye tersebut untuk menarik simpati masyarakat agar memilih partainya.

Polisi Tetapkan Tersangka Pembakar Lahan
Senin, 17-Maret-2014
Kepolisian Daerah Riau telah menetapkan 65 tersangka pembakar lahan dan hutan, satu diantaranya PT NSP yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Katalog Website Indonesia


Katalog ini mengandung 45 website Indonesia

Belanja
 ...

Berita & Media
 ...

Bisnis & Keuangan
 ...

Entertainment
 ...

Healthy & Beauty
 ...

Industri
 ...

Komputer & Internet
 ...

Organisasi
 ...

Pemerintah & Politik
 ...

Pendidikan
 ...

Sains & Teknologi
 ...

Sosial Budaya
 ...

Opini Budaya Terbaru
.Hendra/Ahsan Juara All England
Opini Ekonomi Terbaru
.Benarkah Cadangan Minyak RI Terendah se-ASEAN?
Opini HAM/Demokratisasi Terbaru
.Dana Kampanye Partai Politik Harus Diaudit dan Diawasi Penggunaannya
Opini Hankam Terbaru
.Isu Terorisme Jelang Pemilu 2014
Opini Hukum Terbaru
.Polisi Tetapkan Tersangka Pembakar Lahan
Opini IPTEK Terbaru
.Soal Kecelakaan Lion Air
Opini Kesehatan Terbaru
.Langsing Dengan Konsumsi Kacang
Opini Logika Politik Vs Logika Hukum Kasus SKK Migas Terbaru
Opini Pemerintahan Terbaru
.Tuduhan Keliru Harian Utusan Malaysia
Opini Politik Terbaru
.Kecerdasan Pemilih Menentukan Kualitas Pemilu 2014
Polling
Setujukah anda jika pemerintah menerapkan standarisasi mutu pendidikan nasional?
Sangat Setuju
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
Tidak Komentar
Tidak Tahu

Hasil Polling
Polling Lain

Suara: 235
Diskusi
Posting Terbaru
. Itupoker.com Agen Poker ONline
. Mengembangkan Kajian al-Qur'an
. CV.WORLD OF FIRESTORM
. Fungsi hukum yang telah dibuat pemerintah dan...
. Penyebab Bencana saat ini
Respon Terbaru
. Bisnis Online Jadi Jutawan, Cocok Buat Awam, ...
. kritik membangun.
. BELAJAR ONLINE HARUSNYA LEBIH MURAH
. LOWONGAN KERJA : Dicari Perwakilan Unit Agen.
. Uang didapat tergantung kita mencarinya.
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. www.penjualsepatu.net
. DI3VA Indonesia
. Bakmi Ayung
. Road Bike - http://Road-B...
. Weight Lost - Zotrim - ht...
. kamera bentuk flashdisk(bisa r...
. Weight Lost - Slimming - ...
. Weight Lost - Proactol - ...
. Weight Lost - http://weight...
. Road Bike - http://Road-B...
Mimbar Aturan
Isi tulisan opini baik berupa artikel, maupun Surat Pembaca, tanggapan, iklan, diskusi, merupakan tanggung jawab masing-masing penulis atau pengirim. Namun demikian, redaksi menghimbau agar tulisan tidak menyinggung masalah SARA. Redaksi berhak menghapus tulisan yang kurang pas, atau ada permintaan dari pihak yang dirugikan. Trims.
Mimbar Pesan
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain, serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.